Thursday, August 16, 2018

Contoh Teks Biografi: Pengertian Ciri-ciri, dan Struktur


Teks Biografi: Pengertian Ciri-ciri, dan Struktur



Post By : Muhaemin
Teks Biografi – Acap kali kita membaca biografi seorang tokoh, tapi kita hanya membacanya saja, tanpa mengetahui bagaimana cara membuat teks biografi. Untuk itu, yuk kita memperdalam bagaimana proses teks biografi disusun atau dibuat hingga sampai kepada orang banyak.
Kenapa harus begitu? Ya, tujuannya agar kita tidak menjadi pembaca yang konsumtif saja dan bisa lebih menghargai karya cipta dari penulis.
Berbicara mengenai teks biografi, tentunya ada beberapa bagian yang melatarbelakanginya. Demi mempermudah dalam mempelajarinya, pembahasan teks biografi dibagi menjadi 5 pokok bahasan, yang kesemuanya itu akan di ulas sebagai berikut:

1. PENGERTIAN TEKS BIOGRAFI

teks biografi dari injil
Teks biografi adalah suatu bentuk teks yang berisi mengenai kisah atau cerita suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya, entah itu berupa kelebihan, masalah atau kekurangan yang ditulis oleh seseorang agar tokoh tersebut bisa menjadi teladan untuk orang banyak.
Selain biografi, ada juga yang namanya Autobiografi. Autobiografi merupakan suatu riwayat hidup yang ditulis sendiri oleh tokoh tesebut. Untuk itu, antara biografi dan autobiografi sangatlah berbeda. Perbedaan tersebut dapat ditinjau dari penulisnya, apakah riwayat tersebut ditulis sendiri atau orang lain yang menulisnya.

2. CIRI-CIRI TEKS BIOGRAFI

Memuat sebuah fakta pengalaman hidup suatu tokoh dalam memecahkan masalah-masalah sampai pada akhirnya sukses, sehingga patut menjadi teladan
Teks biografi memiliki struktur yang jelas

3. JENIS-JENIS BIOGRAFI

BERDASARKAN SISI PENULIS

  • Autobiografi, Suatu riwayat hidup yang ditulis sendiri oleh tokoh tesebut.
  • Biografi, Suatu bentuk teks yang berisi mengenai kisah atau cerita suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya, entah itu berupa kelebihan, masalah atau kekurangan yang ditulis oleh orang lain.
Biografi berdasarkan izin penulisan dibagi menjadi dua:
  • Authorized biography, sebuah biografi yang penulisannya mendapatkan izin atau sepengetahuan tokoh yang akan di tulis cerita hidupnya.
  • Unauthorized biography, biografi yang penulisannya tanpa seizing dan sepengetahuan tokoh yang akan di tulis kisah hidupnya. Biasanya penulisan unauthorized biography terjadi karena tokoh tersebut telah wafat.

BERDASARKAN ISINYA

  • Biografi perjalanan hidup, berisi sebuah perjalanan hidup lengkap seorang tokoh atau diambil dari bagian-bagian yang dianggap mempunyai kesan.
  • Biografi perjalanan karir, berisi sebuah perjalanan karir seorang tokoh mulai dari awal hingga karir yang dilakukan saat ini atau bisa juga perjalanan karir dalam mencapai sebuah kesuksesan tertentu.

BERDASARKAN PERSOALAN YANG DIBAHAS

  • Biografi politik, penulisan cerita hidup tokoh suatu Negara dilihat dari sudut pandang politik. Biografi semacam ini mendapatkan bahan dari kumpulan berbagai riset. Akan tetapi, biografi politik biasanya tidak lepas atau sarat akan kepentingan penulis atau tokoh yang minta untuk ditulis.
  • Biografi intelektual, biografi ini hampir sama dengan biografi politik, persamaannya yaitu kumpulan bahannya yang didapatkan dari berbagai riset. Namun, penulisannya dituangkan dalam gaya bahasa ilmiah.
  • Berdasarkan jurnalistik, sebuah biografi yang penulisannya didapatkan dari hasil wawancara dengan tokoh yang akan ditulis atau tokoh yang menjadi rujukan sebagai bahan pendukung cerita.
Share:

0 comments:

Pencarian

Arsip Blog