Wednesday, September 26, 2018

Aspek Pancagatra Wawasan Nusantara

Aspek Pancagatra Wawasan Nusantara

Post By : Muhaemin

oke temen-temen,kali ini jiwenk akan menginformasikan materi Ppkn lagi tentang Apek Pancagatra Wawasan Nusantara.berikkut materinya.
 

Aspek Pancagatra Wawasan Nusantara

    Pancagatra adalah aspek-aspek kehidupan nasional yang menyangkut kehidupan dan pergaulan hidup manusia dalam bermasyarakat dan bernegara dengan ikatan-ikatan,atura-aturan,dan norma-norma tertentu.Hal-hal yang termasuk aspek pancagatra sebagai berikut.

A.Ideologi

   Ideologi suatu negara diartikan sebagai Guiding of Principles atau prinsip yang dijadikan dasar suatu bangsa.Ideologi adalah pengetahuan atau cita-cita bangsa.jika dijabarkan kedalam nilai kehidupan,yaitu serangkai nilai yang tersusun secara sistematis dan kebulatan ajaran dan doktrin.

B.Politik

   Hal ini Politik diartikan sebagai asas,haluan,atau kebijaksanaan yang digunakan untuk mencapai tujuan dan kekuasaan.kehidupan politik dibagi dua sektor,yaitu sektor masyarakat yang memberikan input dan sektor pemerintah sebagai output.Upaya Indonesia meningkatkan ketahanan dibidang politik adalah upaya mencari keseimbangan dan keserasian antara keluaran dan masukan berdasarkan pancasila dan merupakan pencerminan dari Demokrasi Pancasila.

C.Ekonomi

   Kegiatan Ekonomi adalah sleluruh kegiatan pemerintah dan masyarakat dalam mengelola faktor produksi dan distribusi barang dan jasa untuk kesejahteraan rakyat.upaya meningkatkan kapasitas produksi dan kelancaran barang dan jasa ke seluruh wilayah indonesia.upaya menciptakan ketahanan ekonomi diarahkan untuk kemakmuran rakyat.
D.Sosial Budaya

   Diartikan sebagai kondisi dinamis budaya bangsa yang berisi keuletan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi ATHG,baik dari dalam maupun luar,baik langsung maupun tidak langsung yang membahayakan kelangsungan hidup sosial NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
Demikian materinya,kuranglebihnya mohon maaf.
terima kasih sudah berkunjung ke blog kami.
semoga bermanfaat
Share:

0 comments:

Pencarian

Arsip Blog