Tuesday, September 11, 2018

Azas-azas Wawasan Nusantara

Azas Wawasan Nusantara

Post By : Muhaemin

   Materi Ppkn kls XI SMK/SMA Semester 1 Bab 1 materi konsep Wawasan Nusantara yang sebagai pembelajaran ditingkat sekolah menengah atas ini sering keluar materi di ulangan-ulangan ,Ulangan tengah semester atau UTS,maupun Ulangan kenaikan Kelas atau UKK.

  Azas Wawasan Nusantara merupakan ketentuan atau kaidah dasar yang harusdipatuhi,ditaati,dipelihara,dan diciptakandemi tetap taat dan setianya komponen pembentuk bangsa Indonesia terhadapkesepakatn bersama.jika azas wawasan nusantara diabaikan,komponen pembentuk kesepakatan bersama akan melanggar kesepakatan bersama tersebut yang berarti tercerai berainya bangsa dan negara Indonesia.

   Azas Wawasan Nusantara tersebut sebagai berikut:
a.Kepentingan yang sama
  Ketika menegakkan dan merebut kemerdekaan,kepentingan bangsa tersebut indonesia adalah menghadapi penjajah secara fisik dari bangsa lain.
b.Keadilan
  Kesesuaian pembagian hasil dengan hasil,jerih payah,dan kegiatan baik perorangan,golongan,kelompok maupun daaerah.
c.Kejujuran
  Keberanian berpikir,berkata,dan bertindaksesuai realita serta ketentuan yang benar biar pun realita atau ketentuan itu pahit dan kurang enak didengarnya.
d.Solidaritas
  Diperlukan kerja sama,mau memberi,dan berkorban bagi orang lain tanpa meninggalkan ciri dan karakter budaya masing-masing.
e.Kerja sama
  Adanya koordinasi,saling pengertian yang didasarkan atas kesetaraan sehingga kerja kelompok.baik kelompok kecil maupun kelompok besar dapat mencapai sinergi yang lebih baik.
f.Kesetiaan terhadap kesepakatan bersama
  Kesetiaan terhadap kesepakatan bersama untuk menjadi bangsa dan mendirikan negara Indonesia yang dimulai,dicetuskan dan dirintis oleh Boedi Oetomo tahun 1908, Sumpah Pemuda tahun 1928,dan Proklamasi Kemrdekaan tahun 17 Agustus 1945.



Semoga pembaca bisa mempelajarinya ,kurang lebihnya mohon maaf.
Terima kasih sudah mau berkunjung ke Blog ini.

jika ada kritik dan saran komentar,dipersilahkan berkomentar.
jangan lupa Share dan ikuti Blog ini.
Share:

0 comments:

Pencarian

Arsip Blog