Tuesday, September 11, 2018

Fungsi Wawasan Nusantara dalam Negara

Fungsi Wawasan Nusantara 

Post By : Muhaemin

 Maateri Ppkn kelas XI SMK/SMA semester ganjil Bab pertama,materi setelah Konsep Wawasan Nusantara, dan juga Kedudukan Wawasan Nusantara.

 Fungsi Wawasan Nusantara
    Wawasan Nusantara berfungsi sebagai pedoman,motivasi,dorongan,serta rambu-rambu dalam menentukan segala kebijaksanaan,keputusan,tindakn dan perbuatan baik bagi penyelenggara negara ditingkat pusat maupun daaerah,maupun bagi seluruh masyarakat indonesia dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa,dan bernegara.
    terdapat 4 Fungsi Wawasan Nusantara yaitu sebagai berikut:
 1.Wawasan Nusantara sebagai konsep ketahanan nasional,yaitu wawasan nusantara dijadikan konsep dalam pembangunan nasional,pertahanan keamanan dan kewilayahnya.
 2.Wawasan Nusantara sebagai wawasan pembangunan mempunyai cakupan kesatuan politik,ekonomi,kesatuan sosial dan ekonomi,kesatuan sosial dan politik,serta kesatuan pertahanan dan keamanan
 3.Wawasan Nusantara sebabai wawasan pertahanan dan keamanan negara merupakan pandangan geopolitik indonesia dalam lingkup tanah air,indpnesia sebagai satu kesatuan yang meliputi seluruh wilayah dan segenap kekuatan negara,
 4.Wawasan Nusantara sebagai wawasan kewilayahan,sehingga berfungsi dalam hal pembatasan negara,agar tidak terjadi sengketa dengan negara tentangga.


Demikian materi Ppkn yang bisa jiwenk informasikan semoga bemanfaat.
jangan lupa ikuti terus Blog ini
kurang lebihnya mohon maaf
terima kasih
Share:

0 comments:

Pencarian

Arsip Blog